Hampir 5.000 Jemaah Rassakan Wakaf 99 Masjid

Hampir 5.000 Jemaah Rassakan Wakaf 99 Masjid

By Markom Wakaf Salman

16/07/2022

KABAR WAKAF – Per bulan Juni 2022, Wakaf Salman berhasil menyalurkan bantuan renovasi masjid serta pengadaan sarana dan prasarana ibadah melalui program Wakaf 99 Masjid. Hingga tahap akhir renovasi selesai, maka total 5.000 jemaah puluhan masjid sasaran program menjadi penerima manfaatnya.

“Mewakili jamaah dan warga setempat, mengucapkan terima kasih kepada Wakaf Salman yang sudah menyalurkan bantuannya. Mudah-mudahan bermanfaat, barokah, tambah jamaahnya, senantiasa ada kemajuan untuk ke depannya,” ungkap Ketua DKM Al-Hidayah di Sumedang, Jawa Barat (salah satu penerima manfaat renovasi masjid).

Dimulai dari Masjid Salman ITB dan masjid-masjid terdekat..

Masjid Salman ITB merupakan masjid yang dikelola oleh Yayasan Pembina Masjid Salman ITB. Wakaf Salman sebagai lembaga nazhir (pengelola wakaf) di bawah naungannya, juga turut membangun sarana dan prasarana Masjid Salman ITB. Saat ini, tengah diupayakan perbaikan interior masjid seperti parket alas sujud, pintu-pintu kayu, dan lainnya yang mendukung pelayanan masjid tetap aman, nyaman, dan mengesankan.

Idealnya memang masjid sebagai fasilitas ibadah mesti terjaga kondisinya. Hal inilah yang melatarbelakangi Wakaf Salman menghadirkan program Wakaf 99 Masjid sejak pra bulan Ramadan 1443 Hijriah lalu. Realisasinya dimulai dengan mendengar kebutuhan masjid terdekat, lalu bersama Sahabat Wakaf Salman (para wakif) akhirnya manfaat tersalurkan.

Salah satu di antara puluhan masjid sasaran program per Juni 2022 ini, yang terdekat yaitu Masjid Al Hasanah, Kel. Lebak Siliwangi, Kota Bandung. Masjid ini terletak di pemukiman padat. Kapasitasnya sekitar 200 orang. Manfaatnya bukan hanya untuk ibadah warga setempat sehari-hari, tapi juga bisa digunakan mahasiswa, pelancong, hingga pekerja instansi di wilayah Tamansari.

Berlanjut ke syiar manfaat wakaf masjid lintas kota dan pulau

Tidak membatasi manfaat wakaf masjid bergulir di Kota Bandung saja, Wakaf Salman juga berupaya membantu masjid-masjid se-Jawa Barat. Sebagaimana perwakilan penerima manfaat dari Sumedang menyampaikan pesan terima kasihnya di awal. Bahkan program Wakaf 99 Masjid ini juga telah menjangkau wilayah timur Indonesia.

Nama masjid tersebut yaitu Masjid Nurul Huda. Letaknya di Kp. Sakabu, Distrik Salawati Tengah, Kab. Raja Ampat. Masjid berkapasitas 150 orang ini, tidak mudah ditemukan karena berada di wilayah yang masih jarang penduduk dan minim listrik. Lokasi masjid yang berada dekat pesisir pantai menjadikan masjid ini sebagai pilihan bagi wisatawan untuk menunaikan ibadah. Bantuan diantaranya sound system masjid bukan hanya akan bermanfaat untuk memanggil shalat, tetapi juga bisa berfungsi untuk memberikan pengumuman. Terutama dalam situasi genting seperti tanggap bencana di sekitar Raja Ampat.

Masih banyak masjid lainnya seperti Masjid Nurul Huda di Raja Ampat yang membutuhkan gotong royong dengan wakaf. Sebagaimana Masjid Quba pertama kali didirikan atas kerja sama umat, Wakaf Salman mengundang Sahabat untuk membantu masjid lainnya. Mari turut menyambung kebaikan wakaf, tebar manfaat berkelanjutan, dan raih pahala jariyahnya mulai dari sekarang.

*artikel ini juga tayang di laman Badan Wakaf Indonesia

 

update
wakaf
Artikel

Bagikan :

update
wakaf
Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us