Desa Berdaya, Rakyat Sejahtera

Desa Berdaya, Rakyat Sejahtera

By Adi Kartiwa

26/01/2021

"Desa", apa yang selintas ada di pikiran anda mengenai kata tersebut? Desa seringkali dipandang "sebelah mata" oleh beberapa kalangan. Namun, kita belum menyadari kekayaan sumber daya alam yang ada di desa, kekayaan tersebut jika dimanfaatkan dan diolah dengan baik maka bisa menjadi sesuatu hal yang menjanjikan. Bahkan bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa tersebut.

Lalu, bagaimana cara agar kualitas desa itu dapat bersaing pada era global ini? Tentunya, membutuhkan bantuan dari lembaga-lembaga sosial yang bisa memberdayakan desa berdasarkan program-program yang mampu "mengangkat" taraf hidup di desa. Beberapa program yang dimaksud meliputi :

1. Pemberdayaan di bidang ekonomi
‌- UMKM (Usaha Menengah Kecil Mikro)
‌- BUMDes (Badan Usaha Milik Desa)
2. Pemberdayaan di bidang pertanian
3. Pemberdayaan di bidang kesehatan
4. Pemberdayaan di bidang pendidikan
5. Pemberdayaan di bidang agama

Contohnya, di Kota Cirebon dikenal dengan produk-produk batik, maka warga setempat bisa mengoptimalkan hal tersebut untuk kesejahteraan bersama, atau di Kota Garut banyak warga menjual kerajinan sehingga bisa dijadikan untuk mengembangkan UMKM.

Program-program tersebut dioptimalkan pemerintah agar pemberdayaan desa dapat terealisasikan. Karena mengingat, infrastruktur atau sarana dan prasarana yang ada di desa masih belum lengkap sehingga "masih" sulit untuk mengimbangi perkembangan zaman. Maka dari itu, mari kita bantu program pemerintah untuk memajukan kualitas masyarakat desa yang ada di Indonesia, dengan berdonasi melalui Wakaf Salman maka Anda sudah memberikan bantuan untuk saudara kita. Mari bersedekah!

Artikel

Bagikan :

Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us