Dengarkan Ini, Maka Anda Akan Mendapat Pahala!

Dengarkan Ini, Maka Anda Akan Mendapat Pahala!

By Markom Wakaf Salman

15/03/2021

Sebagai seorang Muslim, kita pasti sering mendengarkan adzan berkumandang sebagai tanda waktu shalat telah memanggil kita untuk melaksanakannya. Hal tersebut akan terus terjadi dan terhenti ketika kiamat telah tiba. Ada beragam respon orang Muslim dalam mendengarkan adzan, yakni ada yang sangat menikmati merdunya hingga merasa terharu dan mengingat seluruh kekuasaan Allah SWT, ada yang merasa biasa saja hanya mengingatkan dirinya akan waktu shalat telah tiba, ada yang bahkan tidak tahu ada adzan berkumandang karena fokusnya yang hanya tertuju pada kesibukan duniawi semata, serta yang paling buruk ialah yang membenci atau tidak menyukai kumandang adzan.

 

Adzan memang secara umum diartikan sebagai masuknya waktu shalat wajib yang dijadikan acuan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjalankan ibadah, tetapi tentu segala sesuatu yang diciptakan Allah tidak hanya berhenti hingga disitu saja, melainkan ada berbagai kebaikan di dalamnya. Keutamaan adzan yang berupa kalimat pujian dan pengakuan akan keesaan Allah serta adanya Nabi Muhammad sebagai Rasul Allah, memiliki hikmah yang luar biasa jika diperhatikan atau didengarkan serta dipahami maknanya beserta isinya. Ada beberapa amalan yang kita dapat jika kita mendengarkan kumandang adzan sebagai berikut :

 

  1. Mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW“ Apabila kalian mendengar adzan maka ucapkanlah sebagaimana yang diucapkan muadzin kemudian bershalawatlah kepadaku niscaya aku akan bershalawat untuknya sepuluh kali”. (HR Muslim). Penjelasan dari hadits tersebut ialah seseorang yang mendengar adzan dengan sungguh-sungguh dan memahami makna indahya serta bershalawat setelahnya maka baginya akan mendapat syafaat dari Nabi Muhammad dan disebut namanya diantara para malaikat di surga sebagaimana keutamaan Bilal Bin Rabah yang merupakan pelantun adzan pertama kali dalam Islam.
  2. Amalan yang mulia“ Seandainya orang orang mengetahui pahala yang terkandung pada adzan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak mungkin mendapatkannya kecuali dengan cara mengadakan undian atasnya, niscaya mereka akan melakukan undian”. (HR Muslim). Diantara kita yang barangkali belum mengetahui bahwa mendengarkan adzan akan mendapat pahala tinggi, tentu ketika mengetahui pahala yang terkandung di dalamnya akan segera berebut untuk mendapatkannya.
  3. Diampuni dosa-dosanya“ Seluruh benda yang basah maupun yang kering yang mendengar adzannya memohonkan ampunan untuknya”. (HR Ahmad). Mendengarkan adzan sama seperti memohon ampunan untuk dosa muadzin yang mengumandangkan, hal itu nantinya yang akan kembali pada kita yang mendengarkan yakni mendapat doa dari malaikat agar dosa-dosa kita diampuni sebagaimana telah diketahui bahwa berdoa yang baik maka doa baik tersebut akan kembali kepada yang berdoa.Sungguh Allah SWT dan Rasulullah SAW adalah Maha Pemurah bagi para hamba-Nya dan pengikut-Nya hingga akhir zaman. Begitu baiknya Allah menempatkan kedudukan hamba-Nya dengan mulia agar terhindar dari siksa api neraka kelak. Dengan kesempatan ini pula, mari kita membantu masjid-masjid di sekitar Kita agar memiliki fasilitas-fasilitas yang layak dan cukup untuk digunakan untuk para jamaah, terpenuhinya fasilitas tersebut bisa membuat kita lebih rajin untuk beribadah ke masjid.

Bantu dan dukung terus program Wakaf Salman untuk membantu pengembangan masjid-masjid yang ada, sisihkan rezeki Anda dan donasikan. Bukan soal ukuran besar atau kecil yang dilihat, namun dari keikhlasan dan ketulusan Anda untuk “mempercantik” rumah Allah SWT yang pasti selalu digunakan setiap harinya oleh para jamaah.

Artikel

Bagikan :

Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us