Childfree? Ini 4 Manfaat Positif Memiliki Anak yang Harus Anda Tahu!

Childfree? Ini 4 Manfaat Positif Memiliki Anak yang Harus Anda Tahu!

By Minwa Ganteng

13/02/2023

#SobatWakaf, tau gak sih pernikahan itu adalah suatu perjanjian yang menyatukan dua individu (pria-wanita) sebagai pasangan hidup. Pernikahan juga jadi momen yang sakral dalam hidup. Dalam Islam, pernikahan adalah salah satu ibadah yang besar pahalanya di sisi Allah Subhanahu Wata'ala.

Salah satu tujuan dari pernikahan adalah memiliki anak. Anak bisa jadi pelengkap dalam hidup. Pernikahan akan terasa hampa dan kosong jika tidak dilengkapi oleh anak. 

Gak semua pasangan suami dan istri bisa memiliki anak. Ada yang terhambat dan terkendala gangguan kesehatan atau memang belum rezeki dari Allah SWT.

Tapi, akhir-akhir ini sedang ramai diperbincangkan tren atau pemahaman childfree. Apa itu Childfree? 

Childfree adalah keputusan pasangan untuk tidak memiliki anak dalam pernikahan mereka.

Di tengah perdebatan mengenai pemahaman Childfree, Minwa pengen sharing mengenai 4 manfaat mempunyai anak!

1. Jadi Sumber Kebahagiaan

Manfaat yang pertama pastinya jadi sumber kebahagiaan di tengah-tengah keluarga. Jadi bagi keluarga yang literally nungguin anak di tengah-tengah hubungan pasti akan bahagia saat sang anak benar-benar lahir. Anak itu kemudian menjadi sumber kebahagiaan bagi ayah dan ibunya.

2. Meneruskan Garis Keturunan

Ada juga manfaat positif lain dari memiliki anak di dalam keluarga, yaitu bisa jadi penerus keturunan keluarga #SobatWakaf. Keluarga mana yang gak pengen terus bisa nerusin gari keturunan dengan punya anak, kan? Jadi nama keluarga kita akan terus ada dan dipakai bertahun-tahun lamanya.

3. Melatih Pengelolaan Uang

Kata temen Minwa yang udah nikah (Minwa belum wkwk), pas punya anak bakal otomatis melatih pengelolaan uang yang lebih baik. Ah masa?

Bener lho, karena saat punya anak, kebutuhan dan biaya juga jadi sangat besar. Jadi, kita mau gak mau harus bisa manage uang mulai dari kebutuhan sehari-hari, keperluan rumah tangga, kebutuhan anak, pendidikan anak, dan masih banyak lagi.

4. Jadi Pahala Jariyah

#SobatWakaf, punya anak yang shaleh bahagianya gak hanya di dunia, namun juga di akhirat. Anak shaleh jadi penyejuk hati saat di dunia dan jalur pahala jariyah yang terus mengalir saat di akhirat kelak.

Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

‏إذا مات الإنسان انقطع عنه عمله إلا من ثلاثة،إلا من صدقة جارية، أو علم ينتفع به، أو ولد صالح يدعو له 

“Jika seorang wafat, seluruh amalannya terputus kecuali tiga: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak saleh yang mendoakan orangtuanya.” (HR Muslim)

Jadi, Childfree atau tidak itu pilihan #SobatWakaf yaaa , tapi alangkah bahagia hidup jika kita punya anak yang berbakti dan shaleh.

Artikel

Bagikan :

Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us