Cara Berkontribusi Pada Negara

Cara Berkontribusi Pada Negara

By Markom Wakaf Salman

18/06/2020

4 CARA BERKONTRIBUSI PADA NEGARA

Sebagai anak muda, tentu kita suka bingung nih bagaimana caranya kita berkontribusi kepada negara. Selain belajar yang baik dan tidak melakukan perbuatan yang menyalahi etika, norma, dan aturan, sesungguhnya kita pun ingin punya kontribusi nyata.

Seringkali banyak hal tak terduga yang kita bisa lakukan untuk negara kita. Tak perlu besar dan banyak, inilah cara berkontribusi pada negara tercinta:

1. Berkata Baik atau Diam

Berkata baik ini berlaku di dunia nyata dan dunia maya, ya! Kenapa kok berkata baik? Tentu lewat perkataan lah kita bisa menentukan respon orang lain pun negara kita. Berkata yang baik dengan tidak menjadi orang yang selalu protes tanpa keilmuan yang mendasarinya. Mudah mengeluh dan tidak melakukan apapun saat negara dilanda masalah. Banyak anak muda yang hanya bisa mengoceh di media sosial. Bukannya tidak boleh. Menyuarakan pendapat juga penting sebagai anak muda. Namun, lebih baik kita menyuarakan pendapat setelah mengetahui duduk perkara yang melatarbelakanginya. 

2. Melakukan Pergerakan

Saat ini banyak banget pergerakan sosial yang membantu masyarakat di Indonesia. Hal ini sejalan dengan tujuan negara untuk memberdayakan dan membantu mereka yang kesusahan. Khususnya bagi para kaum fakir miskin dan mereka yang kehidupannya sulit dalam keseharian. Coba ikuti komunitas sosial di lingkunganmu untuk mengetahui realita di lapangan. Kamu pun dapat sekaligus membantu mereka, kan!

3. Investasi untuk Negara

Biasanya, orang-orang yang sudah memiliki penghasilan berinvestasi kepada negara melalui Surat Berharga Negara, Obligasi, Sukuk Tabungan, dan jenis investasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan. Investasi ini digunakan untuk membangun infrastruktur jalan hingga sarana pendidikan. Namun, biasanya investasi ini dimulai dari angka 1 juta rupiah. Untuk anak muda yang mau dan mampu membantu negara dengan cara ini, boleh juga diikuti. 

4. Berwakaf untuk Negeri

Jika investasi nominalnya terlalu besar, ada wakaf yang dapat menjadi solusi. Wakaf ini adalah ibadah yang termasuk sedekah jariyah lho! Dana wakaf ini tidak terpatok nilainya sehingga anak muda dapat mengikuti program wakaf. Lembaga Wakaf di Indonesia pun banyak sekali. Salah satunya Wakaf Salman ITB. Kamu bisa membantu membangun sekolah, rumah ibadah, hingga rumah sakit untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. Keren kan?

wakaf

Bagikan :

wakaf
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us