Beli Produk Teman : Cara Paling Efektif Lindungi UMKM

Beli Produk Teman : Cara Paling Efektif Lindungi UMKM

By Adi Kartiwa

27/01/2021

Manusia adalah makhluk sosial, pasti tidak lepas dari interaksi antar manusia karena sejatinya manusia membutuhkan bantuan manusia lainnya. Kita sebagai manusia pasti mempunyai teman atau sahabat yang "satu" lingkungan dengan pribadi kita sendiri. Mengingat akan hal itu, hubungan kita di dalam tali "persahabatan" pasti ada interaksi saling membantu sesama.

Apalagi, dalam kondisi pandemi seperti ini perekonomian tidak menentu membuat beberapa orang "terpaksa" untuk membuka usaha kecil-kecilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Bahkan, teman-teman kita sendiri pun ada yang membuka usaha, karena kondisi pandemi seperti ini. Kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk membantu sesama, yang ada dalam hadist seperti berikut :

Dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW, bersabda : "...Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat..." (H.R Muslim, Arba’in An Nawawi hadits ke 36).

Hadits tersebut menjelaskan bahwa membantu sesama dapat memudahkan urusan kita di dunia dan di akhirat nanti. Memang UMKM (Usaha Menengah Kecil Mikro) saat ini merupakan salah satu jalan keluar dari kesulitan ekonomi. Walaupun kecil, namun jika dilakukan dengan baik dan tepat bisa menjadi usaha yang "menjanjikan". Kita sebagai teman alangkah baiknya membantu usaha yang dijalankan oleh teman kita.

Langkah ini baiknya kita mudahkan untuk teman kita atau orang lain yang sedang menjalankan usaha. Bahkan jika Anda ingin berdonasi untuk mengembangkan UMKM bisa menyalurkan donasi melalui Wakaf Salman. Kita bantu sesama agar UMKM bisa lebih produktif.

Artikel

Bagikan :

Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us