Bangun Pendidikan Dasar Anak, Dulu Ada Kuttab

Bangun Pendidikan Dasar Anak, Dulu Ada Kuttab

By Markom Wakaf Salman

21/03/2021

Kebanyakan dari kita kalau saat ini ditanya tentang pendidikan dasar, pasti yang terbayang hanyalah sekolah dasar. Jauh sebelum sekolah dasar ada, ternyata peradaban Islam telah menyadari pentingnya hal tersebut. Namanya Kuttab, pernah dengar?

Kuttab tercatat sebagai produk asli dari Islam yang memberikan sumbangsih bagi dunia pendidikan. Kuttab berangkat dari kebutuhan pendidikan dasar bagi anak-anak muslimin. Pendidikan yang paling dasar itu ialah baca dan tulis, serta menghafal Quran.

 

Sebetulnya, Kuttab juga ada di beberapa daerah di Indonesia. Ada yang mengadopsi bentuknya secara murni, semi, maupun mengadaptasi cara pengajarannya. Sebab, ruang yang disebut kelas hari ini adalah rumah Guru Agama atau sudut masjid pada Kuttab zaman dahulu. Namun, seiring pertumbuhan penduduk maka semakin banyak pula anak-anak membutuhkan pendidikan.

 

Contohnya, Kompleks Pendidikan Khairina yang saat ini sedang berupaya melakukan pembebasan tanah dan perluasan ruang kelas. Kompleks pendidikan ini adalah salah satu contoh Kuttab masa kini yang mengajari ilmu agama dari dasar. Yuk bantu Kompleks Pendidikan Khairina agar pendidikan bagi anak-anak dapat terus diberikan.

 

Bantu dengan donasi terbaikmu ya!

Artikel

Bagikan :

Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us