Asupan "Berharga" Untuk Tubuh

Asupan "Berharga" Untuk Tubuh

By Markom Wakaf Salman

04/03/2021

Pemerintah mulai menerapkan kebijakan new normal saat pandemi Covid-19. Sejumlah daerah di Indonesia mulai melonggarkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), seperti contohnya DKI Jakarta yang kini sudah memasuki masa transisi dari PSBB itu sendiri. Selain memperhatikan protokol kesehatan dalam memasuki masa new normal, kita juga harus mempersiapkan diri untuk memiliki stamina tubuh yang baik. Daya tahan tubuh yang baik bisa dilakukan melalui berbagai cara, diantaranya makan makanan yang sehat, istirahat yang cukup, dan olahraga teratur. Namun, tidak kalah pentingnya adalah mempersiapkan kondisi badan yang sehat dalam memasuki masa new normal di tengah wabah Covid-19.

Pentingnya makanan empat sehat lima sempurna di tengah pandemi untuk menjaga stamina tubuh agar tetap sehat, daya tahan tubuh yang kuat dan tidak mudah jatuh sakit. Makanan empat sehat lima sempurna adalah konsep makanan yang dibagi dalam empat sumber nutrisi penting, yaitu makanan pokok, lauk-pauk, sayur-mayur, buah-buahan dan disempurnakan dengan susu bila ada, sehingga menjadi lima sempurna. Makanan empat sehat lima sempurna, meliputi :

1. Makanan pokok
Berupa makanan yang penuh akan karbohidrat, seperti nasi, jagung, kentang, singkong, umbi-umbian, dan gandum.

2. Lauk-pauk
Berupa makanan yang diperoleh dari telur, tahu, tempe, daging ayam, daging sapi, daging ikan, dan lainnya.

3. Sayur-mayur
Berupa makanan yang bersifat nabati, seperti wortel, sawi, kubis, kembang kol, bayam, dan sebagainya.

4. Buah-buahan
Berupa asupan dari buah-buahan yang mengandung serat dan vitamin, seperti jeruk, mangga, alpukat, belimbing, pisang, dan lainnya.

5. Susu
Berasal dari protein hewani yang banyak sekali mengandung gizi yang sangat baik untuk tubuh, selain itu ada juga dari protein nabati yaitu susu kedelai.

Kesehatan tubuh seseorang tergantung pada pilihan seseorang itu sendiri, ingin hidup sehat atau ingin membiarkan tubuhnya terserang oleh penyakit. Masih banyak diluar sana saudara-saudara kita yang kurang beruntung hidupnya yang terancam dengan kesehatannya. Kita bantu mereka dengan berdonasi melalui Wakaf Salman, Kita bantu untuk pemberdayaan gizi dan asupan mereka agar hidup sehat.

Artikel

Bagikan :

Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us