Amalan Puasa Ramadan yang Berlipat Ganda

Amalan Puasa Ramadan yang Berlipat Ganda

By Markom Wakaf Salman

07/04/2022

Sahabat, setiap kebaikan yang kita lakukan selama bulan Ramadan, ganjarannya Allah lipatgandakan. Tahukah Sahabat mengenai amalan yang membuat kita mendapat dua kali pahala berpuasa dalam satu hari? Begini penjelasannya.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah Saw bersabda:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِمْ ، مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْءٌ

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun juga.” (HR. Tirmidzi, Ibn Majah)

Pada dasarnya, setiap dari kita yang memberi makan orang kelaparan atau yang membutuhkan mendapatkan nilai amalan baik dan pahala khusus sedekah. Namun khusus bagi mereka yang berpuasa, maka siapapun yang memberikan hidangan berbuka puasa kepadanya akan diberkahi pahala puasa seharian. Alias dalam sehari, maka seorang hamba bisa meraih pahala seolah berpuasa dua hari karena sedekahnya memberi makanan berbuka puasa.

Terlebih.. berbuka puasa menjadi salah satu kebahagiaan orang-orang muslim. Sebagaimana dalam hadis qudsi Allah Ta’ala berfirman, “Bagi orang yang melaksanakan puasa ada dua kebahagiaan; kebahagiaan ketika berbuka, dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabbnya.” (muttafaq ‘alaihi)

Alhamdulillah, Wakaf Salman ITB telah menyalurkan sedekah sahur dan berbuka dari para Sahabat Wakaf. Per tanggal 7 April 2022/5 Ramadan 1443 H ini, 300 orang saudara kita yang terdiri dari para pejuang nafkah, tunawisma, dan muslim lainnya sudah merasakan nikmatnya sahur dan berbuka dari sedekah Anda. Jazakumullah khayran katsiran, Sahabat.
 

Ikut Sedekah Santapan Sahur & Berbuka Puasa


 

Selain sedekah untuk mereka yang berpuasa, mari jemput juga pahala sedekah jariyah dengan mendukung pembangunan kawasan bina mualaf di pedalaman Banten. Jemput kenikmatan Iman & Islam untuk dirasakan bersama-sama dengan para Mualaf Badui. Baca tentang Suku Badui di sini.

update
Literasi
Artikel

Bagikan :

update
Literasi
Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us