4 Tips Memulai Usaha Bagi Pemula

4 Tips Memulai Usaha Bagi Pemula

By Markom Wakaf Salman

06/01/2021

Hari Gini Masih Takut Berbisnis? Ini 4 Tips Memulai Usaha Bagi Pemula

Apa anda termasuk yang masih takut untuk menjadi orang kaya yang dermawan lewat berbisnis? Semoga bukan. Kalau zaman now, para milenial dan Gen-Z harus berani menerima tantangan untuk bersaing menjadi orang yang bermanfaat bagi khalayak. Satu dari sekian orang yang bermanfaat adalah para pengusaha.

Kok bisa? Karena mereka telah memberikan peluang kerja bagi yang membutuhkan. Terlebih saat ini, tidak sedikit karyawan yang di PHK dari perusahaan karena efek pandemi.

Menjadi pebisnis sungguh tidak mudah, diperlukan effort dan percaya diri karena dua hal ini menjadi langkah penentu, akankah terus maju atau mundur tanpa kembali?

Jangan khawatir, semua pemilik toko mengalami hal ini. Jadi jangan takut, karena anda tidak sendirian. Mari melangkah bersama dan memulai usaha kecil-kecilan yang akan menguntungkan bagi anda dan banyak orang.

 

Yuk, ikuti 4 Tips memulai usaha bagi pemula :

1. Tentukan jenis usaha yang akan dipilih

Sebelum memulai, tentukan jenis usaha yang akan dipilih yang akan jadi ladang bisnis. Banyak cara yang bisa untuk menentukan jenis usaha, di antaranya pilih sesuatu yang disukai, akan terus hits di setiap zaman, atau yang sedang trend namun konsekuensinya akan cepat hilang dan tergantikan oleh hal baru lainnya.

 

2. Diskusikan dengan orang yang paham tentang bisnis

Sebagai pemula, jangan bertindak semaunya. Karena berbisnis membutuhkan ide dan tanggapan dari orang-orang yang paham soal dunia usaha. Misal saudara, sepupu, atau teman bisa diajak untuk berdiskusi.

Dari diskusi ini, setidaknya bisa menjawab berbagai pertanyaan yang sempat membuat hati ragu. Karena ketika ragu, semua ide akan tertutup dan sulit untuk direalisasikan.

 

3. Melakukan riset pasar

Bagi pemula, melakukan riset pasar merupakan hal wajib. Karena pada momen ini, sebagai orang yang akan memulai harus tahu, apa yang diminati oleh masyarakat. Sebab, dari sini bisa melihat seberapa besar peluang yang akan didapat dari usaha itu.

Dalam melakukan riset, bukan sekedar untuk mencari ide usaha melainkan sekaligus menentukan target pasar yang sesuai.

 

4. Modal usaha

Hal yang membuat pemula mundur dan takut berbisnis adalah masalah modal. Kebanyakan akan mengeluh dan mengatakan keuangannya saat ini sedang tidak baik-baik saja.

Padahal ada banyak cara untuk mendapatkan modal atau bantuan pinjaman, di antaranya mengikuti program pemerintah atau instansi yang menyalurkan bantuan modal tanpa bunga. Hal yang sederhana adalah menggunakan uang tabungan yang ada. Karena dari sedikit ini jika dikonsistenkan akan menghasilkan.

 

Hey millenial, perlu diketahui bahwa semua butuh proses. Layaknya perkembangan manusia dari bayi, batita, remaja, hingga dewasa begitupun di dunia usaha. Yang perlu ditanamkan adalah rasa percaya diri dan semangat menjadi insan tuhan yang bermanfaat bagi orang banyak.

 

Jangan lupa untuk tetap berdoa dan meminta kelancaran serta dimudahkan dalam setiap langkah keputusan dalam berbisnis.

Artikel

Bagikan :

Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us