3 Ulama di Balik Kemerdekaan Indonesia

3 Ulama di Balik Kemerdekaan Indonesia

By Markom Wakaf Salman

17/08/2021

[Indonesia Tanah Airku]
[Tanah Tumpah Darahku..]

#SahabatPenderma pasti tau penggalan lirik diatas itu lagu apa dan siapa penciptanya. Ya, betul banget, lagu itu adalah “Indonesia Raya” yang diciptakan oleh W.R Supratman, dan sampai saat ini lagu tersebut menjadi lagu kebangsaan negara kita.

Selain beliau, ikon dari kemerdekaan Indonesia yang #SahabatPenderma tau siapa? Ir. Soekarno? Moh. Hatta? Bung Tomo? Tapi ternyata, dibalik ini semua ada peranan beberapa ulama yang membantu memerdekakan Indonesia loh! Siapa ya kira-kira? Simak yuk!

1. Al Habib Al Habsyi (Kwitang)

Salah satu sosok yang ditemui oleh Ir. Soekarno, yang dimintai pendapatnya soal hari & waktu yang tepat untuk proklamasi kemerdekaan. Kemudian diputuskanlah, proklamasi Indonesia dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 M atau 9 Ramadhan 1364 H.

2. Al Habib Idrus Al Jufri

Sosok kelahiran Yaman yang turut berperan mengusulkan warna bendera Indonesia, merah dan putih. Usulan beliau disampaikan melalui Mbah Hasyim Asyar'i, hal ini tercatat pada suatu muktamar.

3. Al Habib Syarif Sultan Abdul Hamid II

Kalau ditanya siapa perancang lambang negara Indonesia, beliaulah yang mengawalinya sejak menjadi Panitia Lencana Negara pada 10 Januari 1960. Karyanya terus disempurnakan menjadi Garuda Pancasila yang kita kenal sampai sekarang.

Itu adalah beberapa ulama yang mempunyai peran penting dalam kemerdekaan Indonesia. Tapi bukan hanya 3 ulama tersebut saja, masih banyak ulama-ulama yang memberikan kontribusinya untuk melawan penjajah pada saat itu.

“Terima kasih Pahlawan. Tanpa perjuangan dan pengorbananmu, mungkin kami saat ini masih dijajah dan belum merdeka”.

Artikel

Bagikan :

Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us